Freedom !!

Kebebasan adalah menghargai. Bukan mendominasi, apalagi menguasai. Bebas bersikap dan berbuat mengikuti kehendak hati. Tapi bukan bertingkah seenaknya. Menjadi diri sendiri bukan memaksakan orang lain untuk menjadi seperti yang dimau. Masing-masing punya hak, sekaligus mempunyai kewajiban. Berhak mengikuti nurani, wajib menjaga etika.

Bukanlah soal moral atau sok bijak. Menjadi beda atau sama sekalipun adalah pilihan. Bukan keharusan untuk mengikuti siapapun atau apapun, tanpa ada kesadaran. Memaksakan sesuatu atas nama kebebasan adalah ketidakadilan. Ketidakmampuan bersikap dan bertindak semestinya. Tanpa menyinggung apalagi menyakiti orang lain. Itu kuncinya. Gagal melakukannya, adalah awal dari kesewenangan. Arogansi adalah titik awal pemicu suatu friksi.

Bebas. Jadi siapapun yang dimau. Lakukan apapun yang harus dilakukan. Ikuti apapun yang merupakan simbolisasi kebebasan. Batasi dengan tanggung jawab dan kesadaran. Karena tidak ada siapapun yang berhak melarang seseorang untuk menjadi dirinya sendiri. Selama tidak ada yang saling melanggar batas masing-masing. Menginjak-injak dan merasa paling berkuasa. Karena kebebasan adalah manusia. Dan kekuasaan adalah Tuhan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment